HELLO! WELCOME TO MY BLOG NICE TO MEET YOU :)

...

Teknologi Mesin Turbo HONDA




Meski terkenal sebagai produsen yang piawai membuat mobil-mobil kencang, namun Honda sejatinya tak punya mobil bensin bermesin turbo. Kalaupun ada, itu hanya ditemukan pada mobil balap mereka seperti Formula 1. Tentu bukan untuk produksi massal.

Tapi hal itu telah berubah. Melalui panji teknologi Earth Dreams, Honda merilis mesin-mesin anyar pada akhir 2013 lalu. Di antara jajaran mesin Earth Dreams, selain diesel dan hybrid pabrikan asal Jepang itu juga memperkenalkan 3 mesin bensin VTEC TURBO.

Insinyur Honda akhirnya luluh dengan daya tarik turbo. Pemampat udara paksa ini terbukti mampu menggandakan output mesin meski dengan kapasitas relatif kecil. Sasarannya jelas, mencapai efisiensi BBM dan meminimalisir emisi sembari tetap meraih tenaga besar. Alias semua yang dicita-citakan Earth Dreams Technology.

Seperti namanya, tak hanya turbo yang disemat pada VTEC TURBO, ada pula teknologi ka­tup variabel VTEC dan suplai bahan bakar injeksi langsung (direct injection).

Unit terkecil, 1.000 cc berkonfigurasi 3 silinder

Totalnya ada 3 mesin bensin Earth Dreams yang menggunakan VTEC TURBO. Pertama adalah unit 4-silinder 2.000 cc, lalu 1.500 cc 4-silin­der dan 1.000 cc 3-silinder. Variasi itu sengaja dibuat demi menyesuaikan karakter pasar global yang beragam.

Belum ada keterangan resmi dari Honda Motor Co., Ltd bahwa akan ditaruh di mobil apa saja mesin-mesin itu. Namun isu kuat berhembus bahwa unit 2.000 cc VTEC TURBO akan hinggap salah satunya di engine bay Civic Type R 2015.

Dilengkapi teknologi katup variabel dan injeksi BBM langsung Unit yang berkapasitas 2.000 cc menghasilkan tenaga lebih dari 280 dk

Aneka pilihan untuk berbagai kebutuhan

Mesin-mesin VTEC TURBO Honda terdiri dari 3 pilihan kapasitas, yakni 2.000 cc, 1.500 cc dan 1.000 cc.

2.000 cc 4-silinder direct injection turbo

Dari info yang kami dapat, besaran tenaganya mencapai lebih dari 280 dk. Impresif. Jika benar begitu, maka tak ragu lagi bahwa inilah salah satu mesin 4-silinder dengan tenaga terbesar yang pernah dibuat. Hebatnya, keganasan itu datang dengan keramahan luar biasa karena ia meraih sertifikasi EURO 6 untuk uji emisi.

Civic Type-R disebut-sebut akan menjadi mobil pertama yang menggunakan mesin ini. Pun dengan cakupan pasar terbatas di Eropa saja sebagai awalan.

1.500 cc 4-silinder dan 1.000 cc 3-silinder direct injection turbo

Selain turbo, katup variabel VTEC dan injeksi BBM langsung, fokus Honda pada kedua mesin ini adalah reduksi friksi dan pengurangan momen inersia. Sehingga menghasilkan mesin yang sangat responsif dengan kehematan alamiah ala mesin ber-cc kecil.

Unit 1.500 cc dan 1.000 cc adalah mesin yang cocok untuk mentenagai mobil-mobil kecil hingga medium. Karena secara dimensi, seharusnya mesin-mesin ini sangat fleksibel untuk disematkan di ruang mesin yang terbatas.
Mesin Earth Dream nantinya akan menggunakan turbo Civic Type-R 2015 kabarnya jadi mobil pertama yang menggunakan mesin VTEC TURBO

Siap Beradu Dengan EcoBoost Ford

Honda tidak sendiri dalam menciptakan mesin berteknologi turbo, katup variabel dan injeksi BBM langsung. Ford sudah lebih dulu memperkenalkan mesin mereka melalui keluarga EcoBoost.

Sang Blue Oval bahkan telah menerapkannya pada mobil massal yakni Ford Fiesta. Kami sudah coba Ford Fiesta 1.0 EcoBoost. Mesin Ford itu mampu mendapatkan tenaga besar namun dengan catatan konsumsi BBM rendah.

Speknya mirip dengan Honda VTEC TURBO yaitu 3-silinder turbo berkapasitas 1.000 cc. Di EcoBoost mesin ini mampu menghasilkan 125 dk. Artinya besar kemungkinan VTEC TURBO 1.000 cc nanti akan melecutkan daya di rentang seperti itu.

0 komentar:

Posting Komentar